Seni Dan Budaya Kabupaten Karawang

| |


Sebagai sebuah wilayah yang berada dalam tatar Nusantara yang identik dengan budaya timur, Karawang seyogyanya memiliki seni dan budaya yang bisa jadi kebanggan dan identitas diri. Tetapi jika kita kembalikan sebuah pertanyaan terhadap diri kita sendiri terutama warga Karawang “Apa Seni dan Budaya dari Kota Karawang?, kesenian apa yang terkenal dari Karawang? Budaya apa yang terkenal dari Karawang?” dan tahukah bahwa ternyata jawaban dari pertanyaan tersebut sebagaian besar adalah berkonotasi negatif.

Sebagai kota Urban, Karawang yang memiliki letak geografis yang dekat dengan pusat pemerintahan mulai berubah menjadi sebuah kota Industri dan meninggalkan identitas pertaniannya, sawah-sawah yang katanya dahulu terbentang luas sekarang telah berubah menjadi kawasan-kawasan industri dan wilayah pemukiman warga. hal ini juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang seni serta budaya masyarakat “Asli” Karawang.

Sebagai contoh mungkin kita bisa bertanya kepada generasi muda kita, lalu kita tanyakan apa seni dan budaya ciri khas kota karawang? atau mungkin lebih luas, misalkan apa seni dan budaya sunda? jangan kaget jika mereka akan kesulitan untuk menjawabnya, sebagaian besar dari mereka hanya mengenal seni dan budaya yang kontemporer atau populer saja. katakanlah mereka menjawab tari jaipongan sebagai seni khas sunda, tetapi apakah mereka mengetahui seluk beluknya? atau minimal kapan terakhir mereka melihat penampilan tari japipong di tempat mereka?

Seni dan budaya sekarang ini hanyalah menjadi produk yang sama sekali asing, hanya tampil manakala dibutuhkan sebagai pelengkap acara bukan untuk diapresiasi, dan kita sudah mulai melupakannya tidak hanya dalam segi pengetahuan akan seni dan budaya tersebut tetapi terhadap appresiasinya juga. Jujur, jika ada acara pagelaran wayang golek akankah adnda menontonnya? atau mampukah anda menyebutkan jenis-jenis pupuh sunda?

Jadi seni dan budaya mana yang akan kita tumbuh kembangkan? dan bangsa seperti apakah kita yang melupakan seni serta budaya sendiri?

salam
Kang Tatang

Posted by Unknown on 01.00. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Seni Dan Budaya Kabupaten Karawang"

Leave a reply